Cintai dan budayakan selalu untuk makan buah segar paling sedikit sekali sehari, karena buah buahan kaya akan manfaat pencegahan dan pengobatan alami terhadap berbagai penyakit.

Minggu, 19 Mei 2013

APEL BAIK DIKONSUMSI SETIAP HARI



APEL sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, namun bukan APEL di malam minggu bagi kaum muda mudi yang dimaksud melainkan buah APEL yang sudah sangat Familiar, Namun sangat jarang masyarakat kita yang mengkonsumsi buah ini setiap hari, ini disebabkan karena sebagian besar kita belum tahu manfaat buah Apel dan sebagian besar kita mengetahui manfaat buah apel hanya pada isi atau dagingnya padahal kulit dari buah apel kaya serat dan vitamin ini juga bermanfaat untuk melawan kanker.
Jika kita rutin mengkonsumsi buah apel apalagi jika dikonsumsi sehabis  makan dapat membantu proses pencernaan pada sistem pencernaan. Ini di karenakan buah apel sangat banyak mengandung serat alami yang berfungsi sebagai antidepresan. Zat besi yang terkandung dalam buah apel terbukti mampu menyembuhkan anemia. Lebih dari itu, mengkonsumsi buah apel juga dapat memberikan tenaga pada diri kita meskipun kita dalam keadaan lemah.
Mengkonsumsi buah apel dicampur madu atau susu ampuh untuk membuat kulit lebih putih dan bersih. Buah apel juga bisa dijadikan sajian utama untuk program diet seimbang, karena buah apel bisa membuat perut terasa kenyang dan mengurangi nafsu makan.  Itulah sebabnya mengapa buah apel ini sangat di gemari oleh kaum wanita. Buah Apel juga mampu dijadikan detoxifikasi atau pengeluaran racun dalam tubuh, membersihkan mulut, gigi dan gusi sehingga mengurangi resiko gigi berlubang. Hasil penelitian terbaru terungkap bahwa apel memiliki bahan kimia seperti Plavonoid dan polifenol yang dapat melawan kanker.
Sebutir saja buah apel dikonsumsi setiap hari mampu menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit. Manfaat dan khasiat dari buah Apel ini dapat di simpulkan diantaranya :

1.      Kaya akan Nutrisi


Setiap butir buah apel yang berukuran sedang mengandung 4 gram serat dan 95 kalori yang mudah larut juga setara dengan segelas jus buah. Membuat buah apel menjadi makanan selingan yang mengenyangkan. Jika mengkonsumsi 2 buah apel maka dapat melengkapi kebutuhan buah-buahan harian,yaitu sekitar 2 gelas untuk diet 2000 kalori pada dewasa. Apel juga kaya akan vitamin C dan mencukupi 14% kebutuhan vitamin C harian dalam tubuh manusia.

2.      Kesehatan Jantung


Buah Apel mampu menurunkan resiko angka kematian yang di sebabkan oleh penyakit jantung koroner dan gangguan kardiovaskuler, hal berdasarkan hasil pengamatan terhadap lebih dari 34 ribu wanita dalam kurun waktu 20 tahun, yang dilakukan oleh Lowa Women’s Health Study. Disebutkan juga oleh para peneliti  Finlandia yang melakukan study selama kurun waktu 28 tahun terhadap 9.208 pria dan wanita, dimana responden yang sering mengkonsumsi buah apel memiliki resiko stroke lebih rendah dibanding responden yang jarang mengkonsumsinya.

3.      Perlindungan terhadap Sindrom Metabolisme


Sedikit sekali kemungkinan orang yang rutin mengkonsumsi buah apel mengidap sindrom metabolisme, serangkaian symptom yang berkaitan dengan peningkatan resiko penyakit jantung dan diabetes. Diketahui bahwa orang orang yang mengkonsumsi buah apel dalam bentuk apapun (apakah itu es buah dicampur buah apel, jus apel ataupun dengan langsung mengkonsumsi begitu saja) memiliki gangguan metabolisme 27% lebih rendah jika dibandingkan orang orang yang tak gemar makan buah apel. Para pemakan buah apel juga memiliki level protein C-reactive yang lebih rendah. Protein yang satu ini sebagai pertanda adanya inflamasi dalam darah yang menyulut resiko penyakit jantung dan diabetes, hal ini berdasarkan hasil survey yang dimuat National Health and nutrition examination study (NHANES). 

4.      Menurunkan  Berat  Badan


Sebagai kudapan padat kalori,apel mampu mengenyangkan perut. Tak heran jika apel menjadi buah yang banyak di sarankan para pakar diet untuk membantu memangkas  berat badan. Khasiat apel tak hanya dapat dirasakan tubuh jika dikonsumsi mentah-mentah. Penelitian terkini menyebutkan bahwa wanita mengkonsumsi semangkuk keripik apel  setiap hari selama setahun sebagai cemilan, cenderung lebih cepat meraih target saat berdiet. Keripik apel juga mampu menurunkan kadar kolesterol dan reziko penyakit jantung. Para peneliti dari Florida State Unifersity percaya,khasiat ini disebabkan adanya kandungan antioksidan dan pektin ( sejenis serat ).

5.      Menambah Stamina


Buah Apel dapat mengantarkan QUERCETIN, yaitu zat antioksidan yang berfungsi memperkuat daya tahan tubuh dengan cara memproduksi oksigen lebih banyak untuk paru paru. Hasil sebuah study menyebutkan, bahwa sebuah bentuk suplemen yang dikemas dengan QUERCETIN membuat para atlet sepeda lebih kuat dan lebih tahan lama dalam mengayuh sepedanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar