Cintai dan budayakan selalu untuk makan buah segar paling sedikit sekali sehari, karena buah buahan kaya akan manfaat pencegahan dan pengobatan alami terhadap berbagai penyakit.

Rabu, 22 Mei 2013

MANFAAT BUAH MENGKUDU UNTUK KESEHATAN

Buah Mengkudu menggempur berbagai penyakit

Mengkudu dengan nama latinnya MORINDA CITRIFOLIA L. termasuk jenis kopi-kopian. Mengkudu adalah tanaman yang sangat mudah dijumpai di daerah tropis dan pada umumnya tumbuh di daerah dataran yang rendah. Ciri ciri dari tanaman ini ialah warna buahnya hijau dan bulat lonjong bintil-bintil di permukaan luar kulitnya, Daunnya bersusun berhadapan, panjang daun 20-40 cm dan lebar 7-15 cm. Bunganya berbentuk bungan bongkol yang kecil-kecil dan berwarna putih. Pohon dari buah ini bisa mencapai tinggi sampai 10 meter. dengan bunga putih. Pada umumnya tumbuhan mengkudu berkembang biak secara liar di hutan-hutan, di pinggir jalan jalan desa atau dipelihara orang pinggiran-pinggiran kebun rumah sebagai pembatas kebun atau pekarangan. Tanaman buah ini berbunga dan berbuah sepanjang tahun sehingga tidak memiliki musim yang khusus dalam menghasilkan buah sehingga tanaman ini tergolong tanaman yang istimewa.

Kandungan utama buah mengkudu adalah XERONINE. Kandungan proxeronine dalam buah mengkudu sekitar 800 kali lipat jika dibandingkan yang terdapat dalam buah nanas. Hal ini berdasarkan temuan Kompoun Alkoloid Proxeronine dalam buah mengkudu yang secara tidak sengaja Dr. Ralph M.Heninicke, Ahli Biokimia dari University of Hawaii,Amerika Serikat seorang perintis kajian mengkudu selama 45 tahun, ketika mengkaji enzime bromelin dalam buah nanas. 

Bahan penting untuk memacu pertumbuhan jaringan dalam tubuh manusia yang merupakan hasil interaksi bahan kimia antara proxeronine dan proxeronase adalah Xeronine. Interaksi antara dua bahan kimia proxeronine dan proxeronase bisa membantu membesarkan saluran pada usus kecil, sekaligus mempercepat penyerapan nutrisi ke dalam sistem pencernaan. Berfungsi untuk mengembalikan kesegaran tubuh dan ketahanan protein tubuh yang pada akhirnya dapat membuat awet muda.

Berbagai ahli medis di beberapa negara telah melakukan penelitian tentang manfaat buah mengkudu. Para peneliti itu menyimpulkan bahwa dalam buah mengkudu terdapat kandungan zat anti kanker ( damnacanthal ). Mengkudu ini sangat baik untuk pengobatan alami. Bahkan, kini telah banyak diproduksi beberapa produk kapsul dari buah mengkudu. Buah Mengkudu juga kaya akan bahan antioksidan, dimana dapat membantu memperlambat proses penuaan pada manusia. Daun muda mengkudu dapat di gunakan sebagai sayuran. Kulitnya berguna untuk mengobati penyakit malaria. Bunga mengkudu dapat digunakan untuk merawat penyakit mata. Akar mengkudu berguna untuk merawat hidung tersumbat dan pendarahan otak.  Berikut ini beberapa manfaat buah mengkudu yang sudah di buktikan oleh beberapa penelitian secara ilmiah :
1.                  Mengurangi rasa sakit
2.                  Zat pencegah kanker dan tumor
3.                  Zat anti alergi dan anti radang
4.                  Meningkatkan daya tahan tubuh
5.                  Anti bakteri
6.                  Menormalkan tekanan darah
7.                  Memperlancar siklus energi dalam tubuh
8.                  Mengatur mood ( suasana hati )
9.                  Mengobati Amandel
10.              Mengobati sariawan
11.              Mengobati hipertensi
12.              Mengobati Penyakit Kuning
13.              Mengobati Demam
14.              Mengobati Batuk
15.              Mengobati Sakit Perut
           16        Dan menghilangkan sisik pada kaki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar